Jumat, 01 Maret 2013

BOOT

Apa Itu Boot Loader, GRUB, LILO?

BOOT LOADER
Boot manager adalah suatu program yang ada pada Master Boot Record(MBR), yang berfungsi untuk menjalankan sistem operasi yang berada di dalam harddisk. Didalam MBR sendiri terdapat hal-hal berikut ini.
- Kode booting sistem utama, yang melakukan proses booting kedalam sistem operasi oleh harddisk.Kode ini disebut juga master boot code.
- Tabel partisi yang berisi daftar partisi apa saja yang terdapat dalam hardisk yang bersangkutan.

Sekarang sudah dijelaskan kepada anda yang dimaksud dengan boot loader, dan sekarang adalah grub dan lilo yang merupakan bagian dari boot loader.

GRUB
Grub adalah singkatan dari Grand Unified Boot Loader yang merupakan bootloader yang juga sering digunakan pada sistem operasi linux. GRUB memperbolehkan user untuk mempunyai sistem operasi yang berbeda didalam komputer mereka dan GRUB juga memperbolehkan user untuk memilih sistem operasi manakah yang akan djalankan. GRUB dapat berjalan di berbagai sistem operasi yang memiliki multiboot kernel. Biasanya sistem operasi UNIX/Linux yang banyak menggunakan bootloader ini.


LILO
Lolo adalah singkatan dari Linux Loader. Dikembangkan pertama kali oleh Werner Almesberger, selama dengan pengembang saat itu adalah john coffman. Lilo tidak tergantung pada file system tertentu dan dapat berjalan di semua basis UNIX/Linux, Lilo dapat melakukan booting melalui harddisk ataupun floppy disk, floppy juga dapat diletakan dimana saja dengan maksud dapat diletakan di MBR ataupun di salah satu partisi. kepopuleran LILO tidak kalah dengan GRUB walaupun saat ini LILO masih menjadi pilihan ke dua tergantung default sistem operasi yang membawanya.



semoga bermanfaat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar